Post

Menyambut Bulan Ramadhan




Allah berfirman: “(Hari-hari yang ditentukan untuk berpuasa itu) adalah beberapa hari tertentu, yakni yang terjadi di bulan Ramadan yang ketika itu (permulaan) Al Qur’an diturunkan. (QS. al-Baqarah: 185).



Alhamdulillah kita telah sampai pada usia kita di akhir bulan Sya’ban ini. Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang istimewa dan penuh keutamaan. Mari kita syukuri salah satu nikmat tersebut dengan lebih bertaqwa pada bulan Ramadhan ini, yang InsyaAllah akan kita temui esok hari.

Bulan Ramadhan memang berbeda dengan bulan lainnya, di dalamnya begitu banyak aktivitas dan kegiatan untuk menghidupkan bulan Ramadhan. Antusiasme umat Islam sangatlah luar biasa; selain melaksanakan shalat tarawih, tadarus Al-Qur’an, juga banyak diadakan kajian dan ta’lim, Kita seakan-akan ingin memanfaatkan itu waktu sebaik-baiknya. Seakan umat Islam sepakat bahwa waktu-waktu dalam bulan Ramadhan begitu berharga sehingga sayang untuk dilewatkan dan berinisiatif untuk mengisinya dengan ta’lim dalam rangka memperluas wawasan dan mengisi akal dengan ilmu yang bermanfaat.

Karena itu pula tidak salah jika kita sering mendengar bahwa bulan Ramadhan merupakan madrasah mutamayyizah (pusat pendidikan yang istimewa) bagi umat Islam, karena di dalamnya tidak hanya memberikan pendidikan ruhiyah, jasadiyah, khuluqiyah namun juga fikriyah; sehingga ketika keluar dari madrasah Ramadhan ini seorang muslim diharapkan telah mendapatkan dan memiliki jiwa yang bersih, tubuh yang sehat, akhlaq yang mulia dan akal yang berwawasan luas.

Karena itu, umat Islam yang sadar hendaknya memanfaatkan waktu yang berharga ini untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Sayang kalau terlewatkan begitu saja. Sebagaimana pula Islam senantiasa mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menuntut ilmu dan mengawali ibadah dengan ilmu pengetahuan sekaligus mengecam orang-orang yang tidak menggunakan ilmu dalam beribadah namun hanya ikut-ikutan sehingga mengakibatkan tersesat karena kesesatan orang-orang terdahulu,

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan“. (Al-Mujadilah:11)

Pada bulan Ramadhan seorang muslim harus bersyukur dan merasa berbahagia, karena pada bulan ini Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai sumber dari segala ilmu dan undang-undang, tidak ada seorangpun yang mengambilnya kecuali akan mendapatkan cahaya hidayah, sebagaimana tidak ada seorangpun yang menjauhi kecuali akan tersesat. Dan kurikulum madrasah ramadhan al-mutamayyizah adalah Al-Qur’an. Dan hendaknya menggunakan kesempatan emas ini dapat dijadikan sarana memperbanyak dan memperluas ilmu tentang Islam dan permasalahan lainnya sehingga kelak ketika keluar dari madrasah ramadhan ini memperoleh predikat mumtaz (excellent), sangat baik sekali.

Kita semua mengetahui bahwa kurikulum sekolah di Indonesia juga berisi pendidikan agama. Di daerah-daerah yang masyarakatnya mayoritas Islam di sekolah-sekolah banyak di bangun Mushola dan bahkan Masjid, hanya sayang pembangunan tempat-tempat ibadah tersebut belum dapat meningkatkan aktivitas keagamaan secara optimal. Sebaiknya seluruh pembangunan fisik di sekolah direncanakan relevan serta memenuhi kebutuhan kegiatan pendidikan.

Pembangunan sarana ibadah di sekolah dapat dipergunakan sebagai media pendidikan karakter dan kegiatan sosial sekolah dengan masyarakat sekitarnya. Di bulan Ramadhan yang penuh barokah, memanfaatkan tempat ibadah di sekolah untuk pesatren kilat juga dapat memanfaatkan kegiatan yang hanya ada di bulan Ramadhan. Di bulan ini siswa dapat meningkatkan ketahanan mental melalui kegiatan pembinaan agama, intensitas pelaksanaan ibadah, mencegah berbagai bentuk kenakalan remaja dan criminal serta introspeksi diri.

Tulisan ini sekedar sumbangan pemikiran untuk lebih dapat memanfaatkan fasilitas ibadah di sekolah sehingga lebih dapat meningkatkan kemaslakatan umat. Akhirnya pada kesempatan ini Saya mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan 1432 H, semoga saja segala amal ibadah kita pada bulan yang penuh berkah ini membawa kemulian bagi kita khususnya umat muslim. Jika ada kesalahan dan khilaf baik sengaja atau tidak, saya mohon maaf.